Rabu, 11 November 2020

Madrasah hebat bermartabat





     Madrasah hebat bermartabat bermakna Bagaimana sebuah lembaga harus dikelola secara profesional efektif efesien dan secara  baik untuk seluruh sumber daya madrasah baik keuangan tendik murid sarana prasarana harus senantiasa terjadi perbaikan secara keberlanjutan dan terus menerus, karena yang dianggap baik dan berhasil di masa lalu belum tentu baik dan berhasil di masa sekarang. 

    Siapa yang harus terlibat dalam pengembangan madrasah yang hebat yaitu semua SDM baik guru Kepala dan pengawas.Di lapangan banyak guru hebat.mereka harus dilibatkan dan diberikan kesempatan untuk menunjukkan prestasi dan peran aktif , diberikan kesempatan dukungan antara sesama guru pengurus yayasan dan juga pengawas. Semua dukungan akan menjadi solid dan berhasil  maju luar biasa

     Selanjutnya guru juga  harus totalitas dalam bekerja , yakni melibatkan seluruh jiwa raga ,  hati, pikiran, dan  energi pun  siswa juga harus totalitas. 

     Bagaimana saya bisa totalitas dengan beban administrasi. Disarankan untuk gunakan teknologi informasi untuk memudahkan tugas tugas administrasi.

     Selebihnya gunakan waktu yang tersisa untuktuk membaca dan menulis guna meningkatkan kualitas diri.  selanjutnya perlu juga  untuk merenung, mengevaluasi apa yang telah dikerjakan dan  memikirkan kearah yang lebih baik

     Kebijakan untuk memudahkan yang diambil yakni membuat RPP satu atau dua lombar. Format RPP bebas yang penting memuat  tujuan, materi, PBM, dan penilaian. Hal ini supaya tidak habis waktunya hanya untuk administrasi.

     ARD adalah salah satu sarana untuk penilaian secara sistematis untuk lebih  memudahkan guru. ARD juga menyatukan bentuk rapot yang sama dimana pun berada

     E-learning madrasah memudahkan mengelola kelas Memudahkan Pelaksanaan supervisi pembelajaran

     Untuk mengembangkan madrasah hebat bermartabat telah dilakukan terobosan dengan  deversifikasi Madrasah. Corak madrasah yang fokus pada  sain teknologi misalnya MAN insan cendekia

     Madrasah keagamaan dulu  MAPK diharapkan menghasilkan lulusan calon calon ulama yang juga berwawasan kebangsaan dan juga diharapkan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

     MA plus ketrampilan serupa  dengan SMK telah dibuka  350 MA plus ini . meliputi otomotif, teknologi jaringan, disain grafis, tata boga ,pertanian peternakan dll.

    Selanjutnya ada  Madrasah riset yang diharapkan menghasilkan  peneliti muda

     Tugas kita intinya  menyiapkan anak anak menjadi lebih baik, menyiapkan kelas kelas sesuai dengan bakat.  Bisa berupa Kelas riset , sain , robotik , bahasa asing, Tahfiz, olahraga, sains dll hal itu juga memudahkan sekolah menghadapi kejuaraan kejuaraan

     Membuat branding madrasah. Lakukan program yang berbeda dengan lembaga. Bila telah ada lakukan yang terbaik

     Madrasah boleh memodifikasi kurikulum.beban kurikulum ibarat rumah makan , namun pasti ada yang diunggulkan misalnya ada yang gado gado ,rawon, gudeg dll .cara menyajikan yang menarik dsb.

     Muatan lokal  berupa bahasa daera juga perlu digalakkan agar siswa tidak tercerabut dari kearifan lokalnya. Mulok lain misalnya  Tahfiz,bsains teknologi dll

     Menambah Waktu   misalnya untuk baca tulis penambahan Bahasa Arab. Baca tulis Qur'an.,dll Juga diakomodir oleh kma 184 ini.

     Merelokasi  jam misalnya penjas 4 jadi 3, Pembelajaran kolaboratif tematik misalnya fiqih dengan IPS , bahasa Arab dengan fiqih juga diperkenankan oleh KMA .

    Yang penting semua dokumen kurikulum itu harus dimintakan tanda tangan ke kantor kemenag sebagai bentuk  tanggung jawab kelembagaan.

     

     

     

1 komentar: