Madrasah hebat bermartabat bermakna Bagaimana sebuah lembaga harus dikelola secara profesional efektif efesien dan secara baik untuk seluruh sumber daya madrasah baik keuangan tendik murid sarana prasarana harus senantiasa terjadi perbaikan secara keberlanjutan dan terus menerus, karena yang dianggap baik dan berhasil di masa lalu belum tentu baik dan berhasil di masa sekarang.
Siapa yang harus terlibat dalam pengembangan madrasah yang hebat yaitu semua SDM baik guru Kepala dan pengawas.Di lapangan banyak guru hebat.mereka harus dilibatkan dan diberikan kesempatan untuk menunjukkan prestasi dan peran aktif , diberikan kesempatan dukungan antara sesama guru pengurus yayasan dan juga pengawas. Semua dukungan akan menjadi solid dan berhasil maju luar biasa
Selanjutnya guru juga harus totalitas dalam bekerja , yakni melibatkan seluruh jiwa raga , hati, pikiran, dan energi pun siswa juga harus totalitas.
Bagaimana saya bisa totalitas dengan beban administrasi. Disarankan untuk gunakan teknologi informasi untuk memudahkan tugas tugas administrasi.
Selebihnya gunakan waktu yang tersisa untuktuk membaca dan menulis guna meningkatkan kualitas diri. selanjutnya perlu juga untuk merenung, mengevaluasi apa yang telah dikerjakan dan memikirkan kearah yang lebih baik
Kebijakan untuk memudahkan yang diambil yakni membuat RPP satu atau dua lombar. Format RPP bebas yang penting memuat tujuan, materi, PBM, dan penilaian. Hal ini supaya tidak habis waktunya hanya untuk administrasi.
ARD adalah salah satu sarana untuk penilaian secara sistematis untuk lebih memudahkan guru. ARD juga menyatukan bentuk rapot yang sama dimana pun berada
E-learning madrasah memudahkan mengelola kelas Memudahkan Pelaksanaan supervisi pembelajaran
Untuk mengembangkan madrasah hebat bermartabat telah dilakukan terobosan dengan deversifikasi Madrasah. Corak madrasah yang fokus pada sain teknologi misalnya MAN insan cendekia
Madrasah keagamaan dulu MAPK diharapkan menghasilkan lulusan calon calon ulama yang juga berwawasan kebangsaan dan juga diharapkan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
MA plus ketrampilan serupa dengan SMK telah dibuka 350 MA plus ini . meliputi otomotif, teknologi jaringan, disain grafis, tata boga ,pertanian peternakan dll.
Selanjutnya ada Madrasah riset yang diharapkan menghasilkan peneliti muda
Tugas kita intinya menyiapkan anak anak menjadi lebih baik, menyiapkan kelas kelas sesuai dengan bakat. Bisa berupa Kelas riset , sain , robotik , bahasa asing, Tahfiz, olahraga, sains dll hal itu juga memudahkan sekolah menghadapi kejuaraan kejuaraan
Membuat branding madrasah. Lakukan program yang berbeda dengan lembaga. Bila telah ada lakukan yang terbaik
Madrasah boleh memodifikasi kurikulum.beban kurikulum ibarat rumah makan , namun pasti ada yang diunggulkan misalnya ada yang gado gado ,rawon, gudeg dll .cara menyajikan yang menarik dsb.
Muatan lokal berupa bahasa daera juga perlu digalakkan agar siswa tidak tercerabut dari kearifan lokalnya. Mulok lain misalnya Tahfiz,bsains teknologi dll
Menambah Waktu misalnya untuk baca tulis penambahan Bahasa Arab. Baca tulis Qur'an.,dll Juga diakomodir oleh kma 184 ini.
Merelokasi jam misalnya penjas 4 jadi 3, Pembelajaran kolaboratif tematik misalnya fiqih dengan IPS , bahasa Arab dengan fiqih juga diperkenankan oleh KMA .
Yang penting semua dokumen kurikulum itu harus dimintakan tanda tangan ke kantor kemenag sebagai bentuk tanggung jawab kelembagaan.
Ringkasan materi yang lengkap pak
BalasHapus